Penerapan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Nani H. Dudung Menggunakan Content Management System

Penulis

  • Muhammad Rizal Anshurulloh Universitas Budi Luhur
  • Deni Mahdiana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, content management system (CMS), business model canvas (BMC), search engine optimization (SEO)

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini meningkat dengan pesat. Salah satu perkembangan teknologi yang berpengaruh besar adalah internet. Teknologi ini dapat menopang produktivitas usaha, sehingga internet juga mendorong aspek jual-beli, mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat dalam banyak hal yang awal bersifat konvensional kini melakukan pembelian hanya dengan memilih produk dari web. Toko Nani H. Dudung merupakan toko yang menjual produk pakaian anak hingga dewasa. Toko Nani H. Dudung masih menggunakan cara konvensional dalam melakukan transaksi sedangkan dalam pemasaran dan promosi saat ini hanya melalui toko saja sehingga barang lama terjual. Permasalahan yang terjadi yaitu jumlah transaksi penjualan tidak mencapai target karena calon pelanggan enggan berbelanja secara langsung ke toko di masa pandemi saat ini. Dalam pembuatan laporan yang masih belum tersusun rapi sehingga pemilik toko kesulitan dalam mengambil keputusan. Maka dibutuhkan website e-commerce untuk menyelesaikan masalah agar pelanggan dapat melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja, dapat mempromosikan produk sehingga menarik para pelanggan serta pendataan laporan lebih detail sehingga membantu pemilik toko dalam pengambilan keputusan. Website e-commerce dibuat menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress. Metode analisis yang digunakan adalah Business Model Canvas digunakan untuk menciptakan model usaha yang baru agar mendapatkan model usaha yang lebih baik serta menerapkan Search Engine Optimization (SEO). Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, analisis dokumen, wawancara dan observasi. Penelitian ini menghasilkan website e-commerce yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan, membantu pelanggan agar dapat bertransaksi tanpa harus datang ke toko, serta dapat membantu pemilik toko dalam mengambil keputusan, penerapan strategi SEO dan marketing untuk memudahkan terindeks pada mesin pencari dan memperluas pemasaran.

Referensi

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi KaHandayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.

D. Riandika and A. U. Hamdani, “Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop,” vol. 4, pp. 785–796, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2242.

M. A. H. Andi Agus Salim, Soni Fajar Surya Gumilang, “Pengembangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Website Menggunakan Content Management System ( Cms ) Wordpress Pada Startup Hardcraft . Id Development of E-Commerce Applications Based on Website Using Content,” e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 2, pp. 3269–3277, 2018.

Suendri and N. Novita, “Implementasi Plugin Mathjax Untuk Menampilkan Equation Interaktif Pada Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Cms Wordpress,” AXIOM J. Pendidik. dan Mat., vol. 7, no. 1, pp. 10–17, 2018, doi: 10.30821/axiom.v7i1.1763.

O. Alexander and U. Suprihadi, Mudah&Praktis Membuat Website Keren Menggunakan Wordpress. Media Sains Indonesia, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=I4xCEAAAQBAJ

Hasanudin and N. Widiyasono, “Implementasi Yoast Seo Dan Optimasi Keyword Untuk Meningkatkan Rank Pada Google Search Engine Result Page (Serp),” vol. 7, no. 2, p. 2021, 2021.

R. P. Pratama and E. Azis, “Analisis Model Bisnis Dengan Pendekatan Busnises Model Canvas (Studi Kaus MxD),” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2018.

Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.

W. Aliman, “Perancangan Perangkat Lunak Untuk Menggambar Diagram Berbasis Android,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 6, no. 6, p. 6, 2021.

H. F. Siregar, Y. H. Siregar, and Melani, “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121.,” JurTI (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 113–121, 2018, [Online]. Available: http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/425

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Anshurulloh, M. R., & Mahdiana, D. (2022). Penerapan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Nani H. Dudung Menggunakan Content Management System. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1731–1738. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/76

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>