IMPLEMENTASI SISTEM CRM DALAM PELAYANAN PERUSAHAAN ASURANSI STUDI KASUS PADA PT PRIMA SISTEM INFORMASI

Penulis

  • Andreas Saputra Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Implementasi CRM, Aplikasi Asuransi, Studi Kasus, Kepuasan Pelanggan, Efisiensi Operasional

Abstrak

Dalam era yang semua serba digital yang terus berkembang, perusahaan asuransi menghadapi tantangan untuk tetap relevan dan kompetitif di pasar. Salah satu strategi yang terbukti efektif adalah implementasi sistem Customer Relationship Management (CRM), yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan secara lebih efisien dan personal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi sistem CRM dalam aplikasi asuransi di PT Prima Sistem Informasi, sebuah perusahaan yang menyediakan solusi sistem informasi kepada pelanggan individu dan bisnis. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis data sekunder dan wawancara dengan berbagai pemangku kepentingan diperusahaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi CRM telah membawa dampak yang positif terhadap tingkat kepuasan pelanggan dan efisiensi operasional perusahaan. Integrasi sistem CRM memungkinkan perusahaan memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui komunikasi yang lebih efektif. Selain itu, CRM juga membantu perusahaan dalam mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih akurat, sehingga dapat memberikan penawaran produk dan layanan yang lebih sesuai. Dalam jangka panjang, implementasi CRM ini tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan tetapi juga memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan di industri asuransi. Kesimpulannya, penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan sistem CRM merupakan langkah strategis yang esensial bagi perusahaan asuransi seperti PT Prima Sistem Informasi dalam era digital saat ini, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan serta mengoptimalkan operasi bisnis.

Referensi

Aasinjery. (2020). Pengantar Teknologi Sistem Informasi. Indonesia: Aasinjery.

Jonny Seah, M. R. (2020). Perancangan sistem informasi persediaan suku cadang. JURNAL COMASIE - VOL.03 NO. 02 (2020).

Lumbangaol, M. H. (2020, 7 23). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PENYEWAAN PROPERTI BERBASIS WEB DI KOTA BATAM. From RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PENYEWAAN PROPERTI BERBASIS WEB DI KOTA BATAM: https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/comasiejournal/article/view/2026

Sembiring, A. F. (2021). Perancangan Sistem Pemesanan Pada Toko Sablon Medan Berbasis Web Dengan Menerapkan CRM ( Customer Relationship Management ). From 1(1), 27–33.

Hawariy Amiinul Ummah, I. S. (2019). Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Jurnal REKAVASI ISSN : 7(2).

S. Aripin, H. I. (n.d.). enerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang. KRESNA J. Ris. dan Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 39–48, 2023, doi: 10.36080/kresna.v3i1.74.

Safitri, R. I. (2019). Implementasi Electronic Relationship Management (E-Crm) Guna Meningkatkan Loyalitas Wali Murid Pada Yayasan Pendidikan Daya Dutika : Sekolah Cenderawasih. Cenderawasih, vol. 2, no. 5, pp. 360–366.

Zaeniah, S. E. (2020). ancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital SMAN 1 Sakra. Explore, vol. 10, no. 1, p. 70, 2020, doi: 10.35200/explore.v10i1.365.

Hin, D. M. (2019). “PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN CATERING HANDAYA. From https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1051

E.Asril, S. a. (2023). sistem informasi penerapan E-CRM untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan di family box pekanbaru. j-com (journal of computer),vol.3,no.1,pp.36-41,Mar.2023,doi:10.33330/jcom.v3il.2171.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Saputra, A., & Suryadi, L. (2024). IMPLEMENTASI SISTEM CRM DALAM PELAYANAN PERUSAHAAN ASURANSI STUDI KASUS PADA PT PRIMA SISTEM INFORMASI . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1358–1365. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1383

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>