Implementasi Content Management System Wordpress Pada E-Commerce Untuk Toko Perdagangan Kaos

Penulis

  • Muchammad Rifai Hidayat Universitas Budi Luhur
  • Deni Mahdiana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, wordpress, content management system (cms), business model canvas (bmc), unified modeling language (uml), search engine optimization (seo)

Abstrak

Toko Perdagangan kaos merupakan sebuah toko yang melakukan penjualan khususnya kaos polos turtleneck, kaos polos crewneck, kaos polos v-neck, celana pendek dan lain-lain. Toko Perdagangan Kaos berlokasi di kota Tangerang tepatnya pada kelurahan kreo, kecamatan larangan. Permasalahan yang ada pada toko perdagangan kaos yaitu, toko perdagangan kaos hanya menggunakan media sosial WhatsApp untuk melakukan komunikasi, dan Instagram sebagai katalog produk pada toko Perdagangan Kaos. Hal tersebut menimbulkan masalah pada pemasaran yang tidak maksimal, hanya orang tertentu saja yang mengetahui toko ini. Dalam melakukan proses pencatatan laporan pesanan, laporan produk, hingga laporan pendapatan masih dilakukan secara manual, hal ini berpotensi terjadinya kesalahan pencatatan hingga kehilangan data yang penting tersebut. Maka dari itu dibutuhkan sebuah website e-commerce untuk membantu pemilik toko menjalankan pengumpulan data dan menjual produk yang ada pada toko perdagangan kaos dalam skala besar. Dengan skala yang lebih besar serta pencatatan data yang lebih terorganisir, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk yang ada pada toko Perdagangan Kaos. Dibangunnya website e-commerce ini dengan menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress dan plugin – plugin pendukung serta menggunakan perencaan bisnis menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) dan perancangan sistem menggunakan Unified Model Languange (UML) serta menggunakan strategi Search Engine Optimization (SEO) yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dari pihak pemilik toko maupun pihak pelanggan pada toko Perdagangan Kaos.

Referensi

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi KaHandayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.

N. I. Purnama and L. P. Putri, “Analisis Penggunaan E-Commerce Di Masa Pandemi,” Semin. Nas. Teknol. Edukasi Sos. dan Hum., vol. 1, no. 1, pp. 556–561, 2021, [Online]. Available: https://ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/357.

A. D. Sukma, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Cms Wordpress Pada,” vol. 3, no. 1, pp. 98–109, 2021.

I. Risnaputra and G. Triyono, “Implementasi Cms Wordpress Pada E-Commerce Untuk Pelayanan Katering Cv. Alam Jaya,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 481–485, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2151.

S. Santosa and H. Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” J. Bisnis dan Pemasar., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2021.

S. S and N. Novita, “Implementasi Plugin Mathjax Untuk Menampilkan Equation Interaktif Pada Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Cms Wordpress,” AXIOM J. Pendidik. dan Mat., vol. 7, no. 1, pp. 10–17, 2018, doi: 10.30821/axiom.v7i1.1763.

Su Rahman, “Buku Sakti Seo Wordpress Dan Joomla,” Buku Sakti Seo Wordpress Dan Joomla, vol. 1, no. 69, p. 7, 2018.

T. Santoso and J. V. B. Wardhani, “Analisa Model Bisnis Radio Suara Surabaya dan Pengembangannya di Era Disruptive Technology,” J. Manaj. Dan Kewirausahaan, vol. 6, no. 2, pp. 115–121, 2018, doi: 10.26905/jmdk.v6i2.2435.

Indra Wahyu Nugraha, “Perancangan Website E-Commerce Berbasis Wordpress Pada Butik Larasati Sragen Disus,” Pakistan Res. J. Manag. Sci., vol. 7, no. 5, pp. 1–2, 2018, [Online]. Available: http://content.ebscohost.com/ContentServer.asp?EbscoContent=dGJyMNLe80Sep7Q4y9f3OLCmr1Gep7JSsKy4Sa6WxWXS&ContentCustomer=dGJyMPGptk%2B3rLJNuePfgeyx43zx1%2B6B&T=P&P=AN&S=R&D=buh&K=134748798%0Ahttp://amg.um.dk/~/media/amg/Documents/Policies and Strategies/S.

M. F. A. Luthfie and J. Sutrisno, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Jasa Service Aksesoris Motor Berbasis Web Pada Auto39 Bike Shop Menggunakan Unified Modeling Language,” I D E a L I S, vol. 2, no. 1, pp. 61–66, 2019, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1363.

H. Fuad, A. Budiman, and D. Kurniasari, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Paket Pernikahan Berbasis Web Study Kasus Di Wedding Organizer PJ Management,” Sisfotek Glob., vol. 8, no. 2, pp. 136–141, 2018.

Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Hidayat, M. R., & Mahdiana, D. (2022). Implementasi Content Management System Wordpress Pada E-Commerce Untuk Toko Perdagangan Kaos. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1297–1305. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/36

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2