PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN ONLINE PADA TOKO BATIK SILIWANGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN EFISIENSI BISNIS

Penulis

  • Enggar Widiantoro Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, fishbone diagram, Business Model Canvas (BMC), Content Management System (CMS)

Abstrak

Perkembangan e-commerce di era modern telah berkembang dengan pesat, Hal ini yang menyebabkan masyarakat indonesia semakin memilih untuk melakukan pembelian secara online dibandingkan pembelian langsung di toko. Toko Batik Siliwangi merupakan usaha di bidang penjualan produk batik yang berlokasi di Perum, Kota Tangerang. Masalah yang terjadi di Toko Batik Siliwangi pertama laporan masih dicatat di note hand phone, kedua target penjualan berkurang, ketiga dalam segi promosi yang dilakukan toko hanya dari mulut ke mulut (customer to customer) mengakibatkan kesulitan dalam mendapatkan pelanggan baru, keempat belum adanya sistem penjualan online, Toko Batik Siliwangi menerima retur produk dengan ketentuan bahwa produk yang diterima mengalami kerusakan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Fishbone Diagram untuk mengidentifikasi masalah pada proses bisnis berjalan, Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa proses bisnis, use case diagram, use case Description dan Rancangan layar untuk perancangan sistem e-commerce, Sebagai pengembangan sistem penjualan dan plugin woocommerce untuk implementasi website e-commerce serta penerapan Search Engine Optimization (SEO) untuk itu dibutuhkan sebuah sistem yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan merancang dan mengimplementasikan e-commerce.  pengembangan ini menghasilkan sebuah perancangan website Content Management System (CMS) WordPress untuk Toko Batik Siliwangi. Tujuan penelitian ini pertama Membuat sebuah perancangan website e-commerce sebagai pengembangan  sistem penjualan pada toko batik siliwangi, kedua Mempermudah promosi produk, meningkatkan jangkauan penjualan menggunakan teknik SEO dan pelanggan dapat mencari produk yang disediakan pada toko batik siliwangi, ketiga Membuat laporan secara online sehingga pemilik tidak lagi membuat laporan secara manual, hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa sistem e-commerce yang diimplementasikan berhasil untuk mempermudah promosi produk, kedua dengan adanya sistem e-commerce ini Toko Batik Siliwangi dapat meningkatkan jangkauan penjualan dan mempermudah pelanggan berbelanja tanpa harus datang langsung ke Toko Batik Siliwangi. Ketiga membuat laporan secara online sehingga kinerja usaha lebih pada Toko Batik Siliwangi dapat lebih optimal.

Referensi

S. K. M. K. Al-Khowarizmi and M. P. Muhammad Arifin, Pengantar Teknologi Informasi (Dalam Perkembangan Data Science). umsu press, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=pkNDEAAAQBAJ

P. Permata, “Implementasi E-Commerce Dengan Content Management System (CMS) Oscommerce Pada Situs Penjualan (Studi Kasus : Toko Cahaya Komputer),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 58–64, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i1.159.

S. Samsinar and R. H. Santoso, “Desain dan Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System dengan Business Model Canvas pada Maen Vape Store,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 2, p. 75, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i2.43612.

A. Nugroho and H. Irawan, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System (Cms) Untuk Memperluas Pemasaran Pada Indah Jaya Sport,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 137–146, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i2.2852.

A. Hilmiatus Sahla, Muhammad Sayuti, Ricky Syahputra, “Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” J. pionir LPPM, vol. 5, no. 2, pp. 57–61, 2019.

A. Wibowo, A. S. Hidayat, and E. Rahmawati, “Pembangunan Aplikasi E-Commerce Pemasaran Batik pada Toko Batik Rifqi,” J. Comput. Syst. Informatics Vol., vol. 1, no. 2, pp. 46–53, 2020.

F. Ramadhan and L. Fajarita, “Implementasi Rancangan E-Commerce Pada Surya Timur Collection Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (CMS),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 251–259, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1508.

W. R. D. Budi Dharma, Ahmaad Thoriq Alfan, “Analisis Dampak Search Engine Optimation (SEO) Pada E-Commerce,” JUPEA, vol. 3, no. 2, 2023.

E. Tiffany, L. C. W. Yulyanti, V. Vincent, and M. Malinda, “Penerapan Strategi Business Model Canvas Dalam Upaya Pengembangan Bisnis Umkm Cocinero Di Situasi Setelah Pandemi Covid-19,” Semin. Nas. Pariwisata dan Kewirausahaan, vol. 1, pp. 122–129, 2022, doi: 10.36441/snpk.vol1.2022.28.

Normah, B. Rifai, S. Vambudi, and R. Maulana, “Analisa Sentimen Perkembangan Vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis SMOTE,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 8, no. 2, pp. 174–180, 2022, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

N. Eviyanti, “Analisis Fishbone Diagram Untuk Mengevaluasi Pembuatan Peralatan Aluminium Studi Kasus Pada Sp Aluminium Yogyakarta,” JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akunt. Fak. Ekon. Univ. Tanjungpura), vol. 10, no. 1, p. 10, 2021, doi: 10.26418/jaakfe.v10i1.45233.

S. D. N. F. T. W. Mesran, Merancang Aplikasi Penjualan dengan Visual Basic. Green Press, 2019. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=RKX7DwAAQBAJ

M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Widiantoro, E., & Ariesta, A. (2023). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN ONLINE PADA TOKO BATIK SILIWANGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN EFISIENSI BISNIS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1290–1299. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/805

Artikel Serupa

<< < 1 2 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>