PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN CMS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO ROBIL BUSANA

Penulis

  • Maulana Ferdiansyah Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System (CMS), Website, BMC

Abstrak

Saat ini kemajuan teknologi telah menciptakan efisiensi dan efektivitas untuk memperoleh informasi bagi setiap orang. Dengan menggunakan teknologi informasi, perusahaan memiliki kemungkinan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, mengenalkan produk, serta berkolaborasi dengan berbagai pihak. Maka dari itu perusahaan mulai menerapkan aplikasi E-Commerce untuk meningkatkan penjualan mereka. Sistem informasi berbasis E-Commerce menjadi alat penting untuk meningkatkan efisiensi dalam bisnis ini. Dalam konteks ini, Content Management System (CMS) menjadi solusi ideal. Robil Busana adalah usaha yang bergerak disegmen penjualan pakaian dari berbagai jenis kategori, mulai dari pakaian muslim, kemeja, celana chino, dan jaket. Robil Busana berdiri sejak tahun 2014 dan berlokasi di Pasar Mayestik Blok AKS lt. Mezzanine No.075. Masalah utama yang dihadapi Robil Busana adalah keterbatasan penjualan hanya melalui outlet fisik, kesulitan dalam mempromosikan produk secara luas, dan pembuatan laporan penjualan yang masih menggunakan media tertulis atau catatan dalam bentuk buku. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis menggunakan Business Model Canvas untuk mengidentifikasi permasalahan dan batasan yang relevan. Metode pengembangan sistem menggunakan CMS pada platform Wordpress dipilih karena kemudahan penggunaannya dan kemampuannya dalam mengelola konten website. Dengan website E-Commerce yang dibangun, pelanggan dapat dengan mudah melakukan transaksi pembelian produk, sementara pemilik toko dapat memperluas jangkauan penjualan dan mengenalkan produk secara online. Sistem ini juga memungkinkan pembuatan laporan penjualan secara otomatis, mengurangi waktu dan usaha yang diperlukan dalam proses manual.

Referensi

L. D. Ummah, “Rancang Bangun E-Commerce Pada Toko Kerudung Nuri Collection Berbasis Customer Relationship Management,” Nuansa Inform., vol. 12, no. 2, pp. 10–17, 2018, doi: 10.25134/nuansa.v12i2.1350.

Dharmawan and G. Gata, “Penerapan Aplikasi Penjualan Online ( E-Commerce ) Menggunakan Content Management System Wordpress,” J. IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 132–138, 2020.

M. F. Hidayatullah and B. C. Putra, “Implementasi E-Commerce Dengan Model Business Model Canvas Pada Toko Obama Berbasis Content Management System Wordpress,” J. IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 396–401, 2019.

A. Z. Mushlih et al., “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Dengan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Alfiyah Jaya,” J. IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 252–257, 2019.

S. Syuhendra and A. U. Hamdani, “Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Toko Adhizzshop Dengan Menggunakan Woocommerce,” J. IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 26–33, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1476.

H. Warnaningtyas, “Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun,” EKOMAKS: Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif dan Bisnis; E-ISSN: 2580-0043, vol. 9, no. 79, pp. 52–65, 2020.

M. Tabrani and I. Rezqy Aghniya, “Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 1, pp. 44–53, 2020, doi: 10.35969/interkom.v14i1.65.

H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurnia, and D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 4, pp. 13–23, 2021, doi: 10.35969/interkom.v14i4.78.

M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My CiC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, pp. 208–219, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

H. Artanto and F. Nurdiyansyah, “Application of SEO (Search Engine Optimization) to Increase Sales,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 2–5, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Ferdiansyah, M., & Samsinar. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN CMS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO ROBIL BUSANA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1593–1602. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1010

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.