PENERAPAN SITUS DARING PADA TOKO YOVER COLLECTION MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS)

Penulis

  • Fathin Andin Praditya Universitas Budi Luhur
  • Lestari Margatama Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Business Model Canvas, Content Management System, E-Commerce, Fishbone Diagram, Search Engine Optimization, Wordpress

Abstrak

Internet merupakan suatu sarana informasi dan komunikasi yang cepat dan tepat. Hal ini membuat banyak pihak memanfaatkan media internet untuk berbagai macam kepentingan, salah satunya untuk kepentingan bisnis. Mulai dari pengusaha kecil sampai pengusaha besar yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Internet juga dapat digunakan sebagai media jual beli dan informasi yang disebut dengan E-commerce. Kehadiran E-commerce menjadi media transaksi yang dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan pihak penjual. Toko Yover Collection merupakan sebuah toko yang menjual barbagai macam baju muslim terutama baju gamis untuk anak-anak. Toko Yover Collection berada di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta Pusat. Masalah yang dihadapi pada Toko Yover Collection yaitu mengalami kesulitan dalam penjualan dan pemasaran yang masih terbatas, dikarenakan pelanggan hanya menjangkau sekitar Toko Yover Collection dan mulai adanya penjualan online melalui Tiktok Shop yang dapat menurunkan peningkatan pelanggan pada Toko Yover Collection. Promosi kurang optimal dikarenakan hanya memiliki media promosi seperti Instagram. Selain itu Toko Yover Collection juga mengalami kesulitan dalam melihat jumlah ketersediaan produk serta pembukuan karena pencatatan masih manual. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa model pengembangan bisnis. Fishbone Diagram untuk menganalisa masalah pada sistem berjalan, diagram UML untuk perancangan sistem informasi, dan Content Management System (CMS) Wordpress dengan penerapan SEO, serta plugin Woocommerce untuk implementasi website E-commerce. Hasil dari penelitian ini berupa website E-commerce yang dapat memperluas jangkauan pemasaran serta membantu proses bisnis pada Toko Yover Collection.

Referensi

Al-Khowarizmi, S. K. M. K., and M. P. Muhammad Arifin. 2021. Pengantar Teknologi Informasi (Dalam Perkembangan Data Science). umsu press.

Ayesha, I., I. W. A. Pratama, S. Hasan, N. I. Effendi, T. Yusnanto, N. D. M. S. Diwyarthi, R. D. Utami, A. Firdaus, and M. Mulyana. 2022. Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). Get Press.

bidang, B. 2022. Analisa Dan Desain Sistem Informasi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Dr. Abdul Halim Barkatullah, S. A. S. H. M. H. 2019a. Hukum Transaksi Elektronik Di Indonesia: Sebagai Pedoman Dalam Menghadapi Era Digital Bisnis e-Commerce Di Indonesia. Nusamedia.

Dr. Abdul Halim Barkatullah, S. A. S. H. M. H. 2019b. Sengketa Transaksi E-Commerce Internasional: Pengertian, Sebab Kemunculan Dan Metode Penyelesaian Yang Efektif. Nusamedia.

Fiandra, Y. A., B. Rahim, and A. Yulastri. 2022. Kewirausahaan Digital. CV Muharika Rumah Ilmiah.

Habibi, R., F. B. Putra, and I. F. Putri. 2020. Aplikasi Kehadiran Dosen Menggunakan PHP OOP. Kreatif.

Rachmat Destriana, M. K., S. K. M. T. I. Syepry Maulana Husain, M. K. Nurdiana Handayani, and S. K. Aditya Tegar Prahara Siswanto. 2021. Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.” Deepublish.

Rahman, S. 2019. Buku Pintar Web Desain Dan SEO WordPress 5 PLUS. Elex Media Komputindo.

Sa`ad, M. I. 2020. Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment. Elex Media Komputindo.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Praditya, F. A., & Margatama, L. (2024). PENERAPAN SITUS DARING PADA TOKO YOVER COLLECTION MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS). Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 325–334. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1135

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.