IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CMS PADA TOKO TIA BUSANA DENGAN PENDEKATAN BMC

Penulis

  • Rifqi Azis Universitas Budi Luhur
  • Lestari Margatama

Kata Kunci:

e-commerce, content management system, wordpress, business model canvas

Abstrak

Tia Busana merupakan sebuah toko pakaian dewasa perempuan yang terletak di ITC, Cipulir. Tia Busana memiliki beberapa jenis pakaian dewasa perempuan berupa gamis, tunik, atasan, dan daster. Tetapi, Tia Busana menghadapi kesulitan dalam meningkatkan penjualan karena belum memanfaatkan internet sebagai alat promosi. Salah satu masalah utama yang dihadapi Tia Busana adalah keterbatasan visibilitasnya. Tanpa adanya penjualan secara online, Tia Busana hanya mengandalkan promosi offline seperti tulisan pada papan iklan. Melihat masalah yang ada pada toko Tia Busana penulis mempunyai tujuan dalam melakukan penelitian agar dapat membantu pemilik toko Tia Busana dalam menjalankan bisnisnya agar lebih berkembang dengan memanfaatkan internet sebagai media pemasaran dan memperluas jangkauan penjualan sehingga meningkatkan jumlah pelanggan pada toko Tia Busana. Untuk mengatasi masalah yang terjadi penulis memberikan solusi dengan sistem e-commerce menggunakan content management system (CMS) yang bertujuan untuk memperluas jangkauan penjualan sehingga akan mendatangkan pelanggan yang baru. Analisis metode yang digunakan penulis menggunakan business model canvas (BMC) dibantu dengan teknik search engine optimization (SEO) dalam penerapannya untuk membantu website tampil di halaman pertama mesin pencari. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penjualan toko dari Tia Busana secara online yang bertujuan untuk memperluas penjualan dan mempermudah untuk melakukan promosi.

Referensi

Padillah. (2022). IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA DISTRO BETAWI BOYS. INDONESIA JOURNAL INFORMATION SYSTEM (IDEALIS), 30.

Muhammad Sholeh 1, J. T. (2020). PENDAMPINGAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT DENGAN MEMANFAATKAN MARKETPLACE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 159.

Piyoshila. (2022). ECOMMERCE PLATFORM FOR FURNITURE STORE. INTERNATIONAL JOURNAL Of ENGINEERING AND MANAGEMENNT RESEARCH, 12.

Ramayanti, D. (2023). IMPLEMENTASI METODE WATERFALL DALAM PENGEMBANGAN SISTEM POINT OF SALES DAN E-COMMERCE, 4.

Prasetyo, Y. (2022). PENGEMBANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) WORDPRESS DI TOKO DIANA KECAMATAN GLENMORE, 1.

Ahmad Arifin, N. D. (2019). Analisis Penerapan Metode Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Traffic Website Berbayar dan Tidak Berbayar. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 46.

Kusriyanti, T. (2020). PERANCANGAN STRATEGI BISNIS DENGAN MODEL BUSINESS MODEL CANVAS PADA LEORA DESIGN INTERION & FURNITURE. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 528-529.

Farid Sukmana, B. F. (2023). IMPLEMENTASI ISO 9126 DAN FISHBONNE ANALISIS PADA SISTEM PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI UPT SD NEGRI 27 GRESIK. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 346-347.

Andayaningtyas, Y. P. (2022). Pengembangan E-Commerce Menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress di Toko Diana Kecamatan Glenmore. Teknik industri, Sistem informasi dan Teknik informatika, 14-17.

Basorudin, G. E. (2022). Perancangan dan Implementasi Sistem Operasi Linux Debian untuk Konfigurasi Content Management System (CMS) Wordpress Dengan Winscp . BULLETIN OF COMPUTER SCIENCE RESEARCH, 22.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Azis, R., & Margatama, L. (2024). IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CMS PADA TOKO TIA BUSANA DENGAN PENDEKATAN BMC. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 409–420. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1158

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.