PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO DK PETSHOP

Penulis

  • Rafif Athallah Putra Laksmana Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System, Business Model Canvas

Abstrak

Dalam era digital saat ini, internet menjadi media yang krusial untuk berbagai aktivitas, termasuk penjualan. Toko DK Petshop, yang bergerak di bidang penjualan kebutuhan kucing seperti makanan, obat-obatan, aksesoris, dan produk lainnya, belum memanfaatkan potensi ecommerce secara maksimal. Hal ini mengakibatkan penurunan omset penjualan, berkurangnya pelanggan, dan kesulitan dalam memasarkan produk meskipun memiliki kualitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan, Untuk memberikan kemudahan kepada pemilik toko dalam menjangkau pasar yang lebih luas, e-commerce berbasis website dirancang untuk meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas produk mereka. Di sisi lain, sistem yang diterapkan di DK Petshop bertujuan untuk mempermudah pengelolaan pelayanan dan operasional toko, sehingga proses administrasi menjadi lebih efisien. Selain itu, kemudahan dalam memilih produk juga menjadi fokus utama, dengan menyediakan platform yang intuitif dan user-friendly bagi pelanggan DK Petshop, sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan dan membeli produk yang mereka butuhkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Business Model Canvas untuk merancang ide-ide bisnis baru. Selanjutnya, implementasi dilakukan melalui pengembangan website berbasis Content Management System (CMS) yang dioptimasi dengan teknik SEO agar situs muncul di halaman pertama mesin pencari Google. Website tersebut dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti varian produk dan sosial chat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan website yang dioptimasi secara efektif berperan penting dalam memperkuat identitas usaha di era digital dan dapat mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh Toko DK Petshop.

Referensi

A. J. Yanti and M. A. Rony, “ANALISIS DAN IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA PETSHOP GRAHA SATWA BINTARO ANALYSIS AND IMPLEMENTATION OF AN E-COMMERCE WEBSITE BASED ON CONTENT MANAGEMENT SYSTEM AT PETSHOP GRAHA,” vol. 3, no. April, pp. 472–480, 2024.

A. D. Eldo Nur Muhamad1, “Penerapan E-Commerce Berbasis Web Dengan Business Model Canvas (BMC) pada Toko Indah Fashion ITC Cempaka Mas,” Semin. Nas. Mhs. Fak. Teknol. Inf. Jakarta-Indonesia, no. September, pp. 1805–1813, 2022, [Online]. Available: https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/

M. Content, M. System, and C. M. S. Pada, “ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE MEGA PERKASA COMPUTER WEB-BASED E-COMMERCE ANALYSIS AND DESIGN USING CONTENT MANAGEMENT SYSTEM ( CMS ) ON MEGA PERKASA,” vol. 2, no. April, pp. 962–970, 2023.

R. Jumandika, L. Suryadi, D. Mahdiana, and A. U. Hamdani, “Perancangan E-Commerce Untuk Mendukung Layanan Implementation of E-Commerce To Support Sales,” vol. 2, no. April, pp. 943–952, 2023.

Y. Andika Surya Putra, Ady Widjaja, Hestya Patrie, “Penerapan E-Commerce Dengan Content Management System Untuk Mendukung Penjualan Produk Pada Toko Implementation of E-Commerce With Content Management System To Support Product Sales At Osten,” Semin. Nas. Mhs. Fak. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 668–675, 2023.

M. H. Wardana and F. D. Sitania, “Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas pada Kedai Kabur Bontang,” J. Tek. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 10–17, 2023, doi: 10.30872/jatri.v1i1.492.

D. Febrian, A. Ariesta, and D. R. Utari, “Implementation Of E-Commerce With Business Model Canvas (BMC) Method To Increase Sales In Detak Original Store,” Systematics, vol. 4, no. 1, pp. 392–408, 2022.

Ilyas, Jibril M, Abdul Azis Said, and Mirnawati, “Pelatihan dan Implementasi E-commmerce pada Toko Royal Petshop,” Landmark, vol. 1, pp. 92–98, 2023.

Alexander Jeremy Lorenzo Taolin and Wiwin Windihastuty, “Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Javy Petshop,” IKRA-ITH Inform. J. Komput. dan Inform., vol. 7, no. 3, pp. 173–182, 2023, doi: 10.37817/ikraith-informatika.v7i3.3080.

Muhammad Jibril, I. Ilyas, Said Abdul Azis, and Mirnawati, “Pelatihan Dan Implementasi Website Ecommerce Royal Petshop,” LANDMARK (Jurnal Pengabdi. Masyarakat), vol. 1, no. 3, pp. 92–98, 2023, doi: 10.32520/landmark.v1i3.2809.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Athallah Putra Laksmana, R., & Li Hin, L. (2024). PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO DK PETSHOP. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1444–1452. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1425

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama