PERANCANGAN E-COMMERCE PADA TOKO BATIK ASTHA MAS UNTUK PENGEMBANGAN USAHA DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS
Kata Kunci:
E-Commerce, Batik Astha Mas, Search Engine Optimization, Content Management System (CMS), Strategi Mix Marketing 4PAbstrak
Toko Batik Astha Mas merupakan toko perorangan yang bergerak dalam usaha penjualan baju batik yang berlokasi di wilayah Tanah Abang, Jakarta Pusat. Toko Batik Astha Mas saat ini mengalami penurunan pendapatkan karena sistem kerja yang kurang efisien ketika dihadapkan dengan era modern saat ini. Kendala Toko Batik Astha Mas diantaranya adalah pengolahan data penjualan yang belum maksimal karena masih diolah dengan menggunakan Microsoft Excel dan harus diinput berkali-kali sehingga membutuhkan waktu yang lama, Pengolahan data penjualan saat ini belum maksimal, dikarenakan data penjualan diolah menggunakan aplikasi Excel dan diinput berkali-kali sehingga membutuhkan waktu yang lama, Proses pemesanan produk belum terdokumentasi dengan baik, dikarenakan menggunakan aplikasi WhatsApp. Selain itu, kurangnya promosi produk menyebabkan toko tersebut belum dikenal secara luas, hanya pelanggan yang penah melakukan transaksi sebelumnya yang datang untuk memesan produk kembali. Dari semua penjelasan yang sudah disampaikan, oleh karena itu berusaha melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisa berbagai masalah dan dari itulah akan mengembangkan suatu aplikasi E-Commerce yang berguna untuk mendukung pemilik dalam menyelesaikan permasalahannya. menggunakan pendekatan Content Management System (CMS) untuk mengimplementasikan model E-Commerce, alat strategi Business Model Canvas (BMC) sebagai alat untuk menganalisa seperti apa model bisnis perusahaan kedepannya, lalu dengan pendekatan Search Engine Optimization (SEO) untuk pencarian kata kunci dan teknik marketing yaitu strategi Mix Marketing 4P (Product, Price, Place and Promotion) untuk pemasaran. Hasil dari penelitian ini adalah model E-Commerce yang dapat mendukung proses kegiatan penjualan dan promosi Toko Batik Astha Mas.
Referensi
A. Ujianto and G. Triyoni, “Implementasi E-Commerce berbasis Content Management System (CMS) untuk Penjualan
pada Karin Fashioners,” Idealis, vol. 1, no. 5, pp. 422–428, 2021.
S. Permona and A. Akriesto, “E-Commerce pada Toko Karin Shoes,” pp. 211–221, 2020.
K. A. Khaerul and I. H. Miranda, “Implementasi E-Commerce Pada Dina Bengkel Motor Berbasis Content Management System,” Idealis, vol. 1, pp. 41–47, 2021.
K. Haryati and W. Melisari, “Perancangan Website Berbasis Search Engine Optimization Sebagai Media Pemasaran,” J. Informasi., vol. 3, pp. 300–305, 2019.
W. Romadhon and K. Fijorito, “Perancangan E-Commerce Pada Toko Selatan Surya Berbasis Business Model
Canvas,” Jurnal Idealis, vol. 3, no. 1, pp. 251–259, 2020.
L. Bowo and P. Sulisna, “Perancangan E-commerce Untuk Penjualan Spareparts Pada Bengkel Hengky Motor,” J. Idealis, vol. 3, pp. 78–84, 2020.
S. Reva Kabar and D. Birawa, “Analisis dan Perancangan E-Commerce Menggunakan CMS Wordpress Pada Kings & Queen Belinda,” J. Idealis, vol. 5, no. 2, pp. 112–121, 2020.
Wirawan, Aristo, and Hazfiloh, “Proses White Hat Untuk Meningkatkan Rangking Dan Trafik Website,” Pros. SNATIF ke-5 Tahun 2019, pp. 777–785, 2019.
O. T. Woluma, K. G. Tempo, and L. L. Rohana, “Analisis Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Lily Shop Bandung,” Produktivitas, vol. 2, no. 4, pp. 138–147, 2021.
D. Buraki and U. Santo, “Implementasi Aplikasi Penjualan Koper dan Event Kit,” J. Idealis, vol. 5, no. 7, pp. 155–164, 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.