PENGEMBANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA BATIK PADA TOKO QUEEN JAYA

Penulis

  • Abdul Malik Fajar Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Website, E-Commerce, Content Management System (CMS), Business Model Canvas (BMC), Fishbone

Abstrak

Toko Queen Jaya yang terletak di Lantai 1 BKS No. 122-123 Pasar Cipulir, Jakarta Selatan. Toko Queen Jaya masih menggunakan metode penjualan dengan cara memasarkan secara tradisional yaitu dengan cara melakukan pendistribusian produk kepada konsumen secara langsung. Toko Queen Jaya masih membuat laporan menggunakan cara manual sehingga sering terjadi perbedaan laporan harian dan bulanan. Transaksi pada Toko Queen Jaya hanya dapat dilakukan di toko mengakibatkan banyak pelanggan batal dalam melakukan transaksi, dan juga banyaknya pesaing di sekitar Toko Queen Jaya yang menjual produk serupa. Selain itu, Toko Queen Jaya hanya memiliki WhatsApp sebagai media promosi serta untuk update produk terbaru akibatnya pelanggan Toko Queen  Jaya tidak mengetahui adanya produk terbaru. Berdasarkan permasalahan yang ada pada Toko Queen Jaya, Maka peneliti mencoba membuatkan E-commerce berbasis  website. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa model pengembangan bisnis. Fishbone  Diagram untuk menganalisa masalah pada sistem berjalan, Use Case Diagram untuk perancangan sistem informasi, dan Content Management System (CMS) Wordpres serta plugin Woocommerce untuk implementasi website E-Commerce. Hasil Dari Penelitian ini berupa website E-Commerce agar dapat memasarkan produk secara luas yang akan memberikan keuntungan seperti kemudahan informasi yang di dapat, kemudahan cara pembayaran, proses pemesanan yang cepat, guna meningkatkan penjualan sesuai target.

Referensi

] E. Wulandari and G. Gata, “Penerapan E-Commerce Untuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 545–551, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1717.

N. M. Widani, A. P. Abiyasa, G. Sri Darma, and A. Fredy Maradona, “Menguji Ketajaman Implementasi E-Commerce Dalam Penjualan Kamar Hotel di Bali,” J. Manaj. Bisnis, vol. 16, no. 2, p. 79, 2019, doi: 10.38043/jmb.v16i2.2042.

A. Zein, E. S. Eriana, S. Farizy, and G. N. Persada, “Pembuatan Website CMS (Content Management System) Pada SMK Muhammadiyah Parung Bogor,” J. Ilmu Komput., vol. IV, no. 1, pp. 70–75, 2021.

N. Ahlina Febriyati and M. Y. Arnol, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web Pada Batik Widi Nugraha Ngawi,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 3, no. 3, pp. 153–158, 2020, doi: 10.33387/jiko.v3i3.2270.

A. Nurhansah and Y. Santoso, “Implementasi E-Commerce Berbasis Cms (Content Management System) Pada Batik Pekalongan Toko Berkah,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 431–435, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1997.

Normah, B. Rifai, S. Vambudi, and R. Maulana, “Analisa Sentimen Perkembangan Vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis SMOTE,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 8, no. 2, pp. 174–180, 2022, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

M. N. Winnarto, I. Yulianti, and A. Rahmawati, “Penerapan Framework Codeigniter Pada Pengembangan Website E-Commerce Batik Tulis HR Ambar,” Swabumi, vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.31294/swabumi.v9i1.9813.

A. Wibowo, A. S. Hidayat, and E. Rahmawati, “Pembangunan Aplikasi E-Commerce Pemasaran Batik pada Toko Batik Rifqi,” J. Comput. Syst. Informatics Vol., vol. 1, no. 2, pp. 46–53, 2020.

Faisal, A. Diana, and D. R. Utari, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman,” J. IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 5, no. 3, pp. 121–131, 2021.

A. R. Fadillah and L. Fajarita, “Perancangan Dan Pembangunan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Jaket Kulit Naufal,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 85–91, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1568.

F. M. A. Poluan, S. L. Mandey, and I. W. J. Ogi, “Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Minuman Kesehatan Instant Alvero),” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Akunt., vol. 7, no. 3, pp. 2969–2978, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Malik Fajar, A., & Ariesta, A. (2023). PENGEMBANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA BATIK PADA TOKO QUEEN JAYA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1340–1349. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/866

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>