PENGEMBANGAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK PEMASARAN DAN MANAJEMEN TRANSAKSI PADA TOKO GO SPORT

Penulis

  • Muhammad Irfan Malik Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta

Kata Kunci:

Website, E-commerce, Content Management System, Business Model Canvas, Search Engine Optimization

Abstrak

Toko GO Sport adalah sebuah toko fisik yang menjual berbagai macam kebutuhan produk olahraga dari brand Ortuseight. Namun, saat ini toko masih menggunakan sistem konvensional di mana konsumen harus datang langsung ke toko untuk melakukan transaksi pembelian produk. Kendala yang dihadapi saat ini oleh Toko GO Sport meliputi pengendalian stok yang tidak efisien, kesulitan dalam membuat laporan penjualan, serta kurangnya bukti transaksi jual beli karena pemilik toko mencatat transaksi pembelian, laporan hasil penjualan harian, dan bulanan menggunakan notes pada device smartphone. Selain itu, pada sisi pemasaran toko ini hanya mengandalkan promosi melalui media sosial seperti update timeline serta story Facebook. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dibutuhkan sebuah sistem untuk menunjang dari sisi pemasaran, dokumentasi transaksi serta pembuatan laporan penjualan dengan mengimplementasikan e-commerce berbasis website. Penelitian menggunakan Fishbone Diagram untuk mengidentifikasi masalah yang sedang dihadapi pada Toko GO Sport dan Business Model Canvas (BMC) digunakan untuk menganalisis model bisnis yang diperlukan Toko GO Sport, serta penggunaan use case diagram untuk perancangan sistem e-commerce. Website yang dirancang menggunakan Content Management System (CMS) WordPress dan plugin Woocommerce, website e-commerce membantu pemilik toko dalam mempromosikan toko melalui teknik Search Engine Optimization (SEO). Hasil penelitian adalah Website e-commerce yang dikembangkan dapat memberikan informasi yang real-time dan lebih akurat dari kendala yang dihadapi sebelumnya pada Toko GO Sport mengenai stok ketersediaan produk, membantu proses pemasaran penjualan online dengan pemanfaatan SEO, memudahkan proses dokumentasi manajemen transaksi untuk pembuatan laporan penjualan secara berkala pada Toko GO Sport.

Referensi

I. Darmawan, W. Puspitasari, and R. Andreswari, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Peningkatan Pemasaran di UMKM Grosir Batik Tasikmalaya,” Charity, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, Sep. 2019, doi: 10.25124/charity.v2i1.2069.

N. Wahyuni, A. I. S. S. Mutaqin, and A. Gunawan, “Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku UKM Wilayah Cilegon,” Jurnal Pengabdian Dinamika, vol. 5, no. 1, 2018.

N. Zakaria and F. Annisa, “Perencanaan E-Commerce sebagai Strategi Penjualan Produk Batik Tenun di Kota KEDIRI,” Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 23–30, Mar. 2020, doi: 10.29407/gj.v4i1.13779.

Suriyati, “Desain Perancangan E-Commerce Kain Tenun Lombok Desa Sukarara Lombok Tengah,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 36–43, 2019.

S. Samsinar and R. H. Santoso, “Desain dan Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System dengan Business Model Canvas pada Maen Vape Store,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), vol. 9, no. 2, p. 75, Apr. 2021, doi: 10.26418/justin.v9i2.43612.

S. A. Hendrawan, A. Martoyo, and D. Wardhani, “Analisadan Perancangan E-Commerce Kerajinan Tangan Penyandang Disabilitas (Studi Kasus: Desa Krebet Ponorogo, Jawa Timur),” Journal of Informatics and Advanced Computing, vol. 2, no. 2, pp. 1–7, 2021, Accessed: Jul. 27, 2023. [Online]. Available: https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/jiac/article/view/3262

F. Faisal, D. Anita, and D. R. Utari, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman,” IKRA-ITH Informatika, vol. 5, no. 3, pp. 121–131, 2021, Accessed: Jul. 27, 2023. [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/1419

B. Sinaga and J. S. Kurnia, “Perancangan Sistem Penjualan Material Bangunan Pada Ud. Mulya Sentosa Bebasis Web E-Commerce,” Jurnal sistem Informasi Universitas Suryadarmaadalah, vol. 10, no. 1, Jun. 2023, doi: 10.35968/jsi.v10i1.1000.

W. N. Wk and A. Riyanto, “Analisis Dan Penerapan Search Engine Optimization Pada Website Menggunakan Metode White Hat SEO (Studi Kasus Di PT.SURYAPUTRA ADIPRADANA),” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, 2018, Accessed: Jul. 27, 2023. [Online]. Available: http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jti/article/view/22

T. Kusriyanti, “Perencanaan Strategi Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas Pada Leora Design Interior & Furniture,” JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, vol. 1, no. 2, pp. 527–536, Jul. 2020, doi: 10.38035/jmpis.v1i2.294.

R. Abdillah, “Pemodelan UML Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta,” JURNAL FASILKOM, vol. 11, no. 2, pp. 79–86, Aug. 2021, doi: 10.37859/jf.v11i2.2673.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Muhammad Irfan Malik, & Ariesta, A. (2023). PENGEMBANGAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK PEMASARAN DAN MANAJEMEN TRANSAKSI PADA TOKO GO SPORT. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1534–1543. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/974

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.