MENINGKATKAN LAYANAN INFORMASI ORANG TUA SDN 07 CIDENG DENGAN SISTEM MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN ELEKTRONIK

Penulis

  • Titah Arya Dewantara Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-CRM, Pelayanan Informasi, Pelayanan Orang Tua Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) sebagai strategi untuk meningkatkan pelayanan informasi kepada orang tua siswa di SD Negeri 07 Cideng, Jakarta Pusat. Permasalahan mendasar yang dihadapi sekolah adalah belum adanya fasilitas untuk memantau perkembangan murid, sehingga orang tua tidak mengetahui perkembangan anaknya di sekolah. Mereka tidak dapat memantau absensi, nilai siswa, atau kekurangan nilai dan tugas.Tujuan dari penerapan E-CRM ini adalah untuk menghasilkan aplikasi E-CRM yang memudahkan orang tua siswa dalam memperoleh informasi akademik anaknya. Implementasi E-CRM diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di SD Negeri 07 Cideng Jakarta Pusat dan meningkatkan pelayanan informasi orang tua siswa.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi langsung dan kuesioner. Observasi langsung dilakukan untuk melihat kondisi dan situasi di SD Negeri 07 Cideng Jakarta Pusat. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dari orang tua siswa tentang kebutuhan dan harapan mereka terhadap pelayanan informasi sekolah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi E-CRM dapat meningkatkan pelayanan informasi kepada orang tua siswa di SD Negeri 07 Cideng Jakarta Pusat. Orang tua dapat memantau perkembangan anaknya secara real-time, berkomunikasi dengan guru dan staf sekolah dengan mudah, dan mendapatkan informasi yang lebih transparan tentang kegiatan belajar mengajar dan kebijakan sekolah. Hal ini meningkatkan kepuasan orang tua terhadap pelayanan sekolah.Kesimpulannya, implementasi E-CRM merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan pelayanan informasi kepada orang tua siswa di SD Negeri 07 Cideng Jakarta Pusat. Penerapan E-CRM dapat meningkatkan akses informasi, komunikasi, transparansi, dan kepuasan orang tua.

Referensi

D. Wulandari, “Implementasi E-CRM untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Informasi Orang Tua Siswa di SDN 01 Kebon Melati Jakarta Pusat,” Jurnal Manajemen Pendidikan, no. 15(2), pp. 131-140, 2021.

R. Pratiwi, “Pengaruh Penerapan E-CRM terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di SMP Negeri 1 Depok,” Jurnal Ilmiah Pendidikan, no. 10(1), pp. 1-10, 2022.

D. &. R. E. Setyaningrum, “Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Partisipasi Orang Tua Siswa dalam Kegiatan Sekolah di SDN 02 Karanganyar,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, no. 6(1), pp. 1-10, 2021.

A. &. R. D. Kurniawan, “Pengaruh E-CRM terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di SMP Negeri 4 Yogyakarta,” Jurnal Ilmiah Pendidikan, no. 10(1), pp. 1-10, 2023.

A. U. H. Fatah Idzhar Hamdi, “Implementasi Sistem E-CRM Dalam Penerapan Informasi Terhadap Pelayanan Wali Murid Di TK Putra IX,” Seminar Nasional Mahamurid Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), vol. 2, no. 2, pp. 1-12, 2023.

E. R. P. G. M. D. H. Arief Hadian, “Penyuluhan Pemahaman Loyalitas Siswa, Kepuasan Siswa Dan Kualitas Pelayanan Sekolah,” AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 7, pp. 1-9, 2023.

B. T. S. Vera Dwiriani, “Analisis dan Perancangan Sistem E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Informasi kepada Orang Tua Siswa di SDIT Ar Rahman Jakarta,” IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 1, no. 2, pp. 1-10, 2018.

A. I, “Aplikasi Pengendalian Persediaan Spare Parttraktor Dengan Metode Buffer Stock Dan Reorder Point (Rop) Di Gudang Cabang Tanjung Karang,” Jurnal Teknologi Pintar, no. 3(2), pp. 1-16, 2023.

D. A. &. I. R. Sushanti, “Penerapan Diagram Fishbone untuk Meningkatkan Kualitas Produk Roti Tawar di PT. X,” Jurnal Manajemen dan Akuntansi, no. 20(1), pp. 1-12, 2021.

D. G. P. M. d. M. A. S. A. K. A. Hutahaean, “Penerapan Use Case Diagram dan Activity Diagram UML untuk Merancang Sistem Informasi Akademik pada Universitas X,” Jurnal Informatika, vol. 22, no. 1, pp. 1-10, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Dewantara, T. A., & Gata, G. (2024). MENINGKATKAN LAYANAN INFORMASI ORANG TUA SDN 07 CIDENG DENGAN SISTEM MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN ELEKTRONIK. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 281–291. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1121

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>