PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN WORDPRESS PADA SABLON CIKARANG CIBARUSAH

Penulis

  • Shifa Hanifah Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi

Kata Kunci:

E-Commerce, Business Model Canvas, unified modeling language (uml), Search Engine Optimization (SEO), Content Management System (CMS), Fishbone Diagram

Abstrak

Peningkatan penggunaan teknologi informasi dalam dunia bisnis telah membuka peluang besar bagi toko-toko konvensional untuk bertransformasi menjadi bisnis berbasis online. Toko Sablon Cikarang Cibarusah, yang menyediakan layanan sablon kustomisasi seperti baju, jaket, dan almamater untuk komunitas dan pembeli yang ingin membuat barang personal, menghadapi tantangan dalam hal efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Saat ini, pemasaran masih belum dikenal luas karena media promosi hanya terbatas di sekitar toko dan menggunakan media sosial Instagram untuk pengenalan produk. Proses bisnis saat ini melibatkan pembeli yang datang langsung ke toko atau menghubungi lewat WhatsApp untuk melakukan pemesanan. Setelah pencetakan selesai, pemilik toko akan menghubungi pembeli untuk menginformasikan bahwa barang telah selesai dicetak. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah situs web penjualan untuk mempermudah pengelolaan penjualan dan memperluas jangkauan agar diketahui masyarakat luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML). Perancangan sistem mencakup pembuatan situs web menggunakan Content Management System (CMS) dengan plugin WooCommerce, optimasi situs menggunakan Search Engine Optimization (SEO), serta analisis masalah menggunakan Fishbone Diagram. Dari penelitian menunjukkan bahwa sistem E-Commerce yang dikembangkan dapat memproses secara otomatis pemesanan dan pembayaran pembeli, selain itu dapat  memudahkan pembeli dalam mengunggah desain, serta memberikan notifikasi status pesanan secara real-time. Sistem juga menyediakan fitur laporan yang membantu manajemen dalam menganalisis penjualan dan stok produk. Dengan adanya sistem ini, efisiensi operasional toko meningkat dan kepuasan pelanggan terjaga melalui layanan yang lebih cepat dan terstruktur.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan E-Commerce sangat efektif dalam mengatasi masalah operasional di Toko Sablon Cikarang Cibarusah. Selain itu, sistem E-Commerce dapat memperluas jangkauan pemasaran dan mempermudah dalam pembuatan laporan penjualan.

Referensi

Kharisma, D., Saniati, and Neneng, “Aplikasi E-Commerce Untuk Pemesanan Sparepart Motor Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, pp. 83–89, 2022.

Musthofa, N., and Adiguna, M. A., “Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Computer Kota Tangerang,” Jurnal Ilmu Komputer dan Science, vol. 1, pp. 199–207, 2022.

Mubarok, M. M., “E-Commerce Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah,” Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 2, pp. 2493–2500, 2022.

Natalia, N., Isa, I. G. T., Goro, I., and Jalil, A., “Aplikasi Manajemen Data Konsumen dan Layanan Pemesanan Pakaian Berbasis Web,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 4, pp. 64–76, 2022.

Tamsir, N., and Soetikno, Y. J. W., “Aplikasi Penjualan Baju Kaos Berbasis Web dan Android,” Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, vol. X, pp. 1–8, 2021.

Mulyanto, A. and Setiawan, W., “Penerapan Metode Web Engineering Menggunakan Laravel 5 Dalam Pengembangan Penjualan Toko Online Hijapedia Berbasis Website Di Cikarang Bekasi,” Jurnal Informatika SIMANTIK, vol. 5, pp. 18–23, 2020.

Aliwinoto, C., Hediyani, M., and Malinda, M, “Analisis Business Model Canvas Usaha Mikro Kecil Menengah Toko Jif Bandung, Indonesia,” Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan, vol. 1, pp. 173–182, 2022.

Atmaja, S. R. S., and Gata, G., “Penerapan CMS Untuk Website E-Commerce Pada Chaca Collections,” Prosiding SISFOTEK, vol. 6(1), pp. 53–57, 2022.

Julianto, A. and Anshori, I.F., “Sistem Informasi Penjualan Laptop Berbasis WooCommerce (Studi Kasus PT. Portalbiz Nusantata),” Jurnal Informatika, vol. 7, pp. 202–209, 2023.

Sari, E.P., Pudjiarti, E. and Susanti, H., “Sistem Informasi Penjualan Pakaian Wanita Berbasis Web (E-Commerce) Pada Pt. Bunitop Indonesia,” Jurnal Teknologi Informasi Mura, vol. 12, pp. 1–13, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Hanifah, S., & Suryadi, L. (2024). PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN WORDPRESS PADA SABLON CIKARANG CIBARUSAH. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1226–1235. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1278

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>