IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA TOKO BOSSPOKAT.JKT

Penulis

  • Muhammad Danu Pradipa Universitas Budi Luhur
  • Yudi Santoso Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Business Model Canvas, Content Management System, E-Commerce, Fishbone Diagram, Search Engine Optimization

Abstrak

Internet menyediakan cara yang cepat dan akurat untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Hal ini mendorong banyak orang menggunakan media online untuk berbagai tujuan, termasuk tujuan komersial. E-commerce, atau perdagangan elektronik, adalah praktik penggunaan teknologi internet untuk memfasilitasi pertukaran informasi dan pembelian dan penjualan oleh usaha kecil dan besar. Internet bisa dipakai untuk alat transaksi yang dapat memberikan keuntungan untuk pihak yang memakai media tersebut, dari konsumen, serta produsen dari penjual. Toko Bosspokat.JKT merupakan toko yang menjual berbagai macam sepatu. Toko Bosspokat.JKT berada di Jl. Kapuk komplek krawang, Jakarta Barat. Masalah yang dihadapi ialah memiliki kesulitan pada penjualan serta pemasaran yang masih terbatas, sebab pembeli hanya menjangkau area toko dan mulai adanya penjualan online melalui Tiktok Shop yang dapat menurunkan peningkatan pada pelanggan. Promosi kurang optimal dikarenakan hanya memiliki media promosi seperti Instagram. Selain itu memiliki kesulitan dalam melihat total ketersediaan produk, melakukan catatan pembukuan dengan cara tulis menggunakan tangan. Sebab itu diperlukan suatu sistem yang bisa menuntaskan masalah tersebut. Pada penelitian ini penulis memakai metode Business Model Canvas (BMC) buat menganalisis bentuk berkembangnya usaha. Fishbone diagram buat menganalisis persoalan disistem yang terjadi, diagram Unified Modeling Language (UML) untuk merancang sistem informasi, serta Content Management System (CMS) wordpress memakai penerapan Search Engine Optimization (SEO), dan plugin woocommerce buat implementasi platform e-commerce. Keluaran pada penelitian ini berupa platform e-commerce yang memungkinkan pengguna melihat total ketersediaan produk dan melakukan catatan pembukuan.

Referensi

M. Moruzzi, Ideologi Internet: Dari A seperti Aplikasi sampai Z seperti Zipcar. Massimo Moruzzi, 2020.

S. S. I. M. K. Aris Susanto, Mudah Membangun Website Sekolah Dengan CMS Wordpress. Deepublish, 2021.

R. Hasibuan, Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Masyarakat. Penerbit NEM, 2021.

M. Y. N. Ifada, E-Commerce: Konsep dan Teknologi. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2022.

T. Koerniawati and A. J. Gundo, IMPLEMENTASI TEKNOLOGI WORDPRESS UNTUK PEMBANGUNAN WEBSITE. Uwais Inspirasi Indonesia, 2023.

D. A. P. Muhammad Yusril Helmi Setyawan, Membuat Sistem Informasi Gadai Online Menggunakan Codeigniter Serta Kelola Proses Pemberitahuannya. Kreatif Industri Nusantara, 2020.

S. P. A. N. P. S. T. Pungky Indra Permana, Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak SMK/MAK Kelas XII. Gramedia Widiasarana indonesia, 2021.

A. Rohman, Mudahnya Membuat Web e-Learning Berbasis Web dan Android. Elex Media Komputindo, 2023.

S. Rosalin, K. S. Rahayu, R. B. Utami, L. Edityastono, and R. Yuliawan, Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi. Universitas Brawijaya Press, 2022.

M. N. Amin, Teknik SEO Newbie V2: Teknik SEO Untuk Jualan. Much. Nasih Amin, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Danu Pradipa, M., & Santoso, Y. (2024). IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA TOKO BOSSPOKAT.JKT. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1686–1695. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1512

Artikel Serupa

<< < 1 2 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama