Implementasi Website Penjualan Berbasis E- Commerce untuk Meningkatkan Penjualan pada Toko Berkah Menggunakan CMS Wordpress

Penulis

  • Adi Setyo Nugroho Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, CMS, BMC

Abstrak

Perubahan digitalisasi di era globalisasi saat ini membuat bisnis harus melakukan adaptasi baru dengan teknologi yang selalu bergerak dinamis. Dengan kemunculan banyaknya e-commerce sebagai salah satu kecanggihan teknologi di dunia bisnis saat ini, mengakibatkan banyak usaha mulai mengembangkan website e-commerce nya masing-masing. Electronic commerce (e-commerce) adalah proses pertukaran informasi dan transaksi yang melibatkan barang dan jasa menggunakan teknologi informasi. E-commerce berguna dalam mengurangi biaya administrasi dan waktu siklus proses bisnis, dan meningkatkan hubungan dengan kedua mitra bisnis dan pelanggan. Toko Berkah adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam perlengkapan untuk beribadah yang lengkap mulai dari baju koko, dan aksesoris ibadah yang lainnya. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis, penjualan yang diterapkan Toko Berkah kurang efektif. karena dalam menjalankan transaksi, pelanggan diharuskan datang ke toko, Kurangnya media untuk memasarkan produk-produk pada Toko Berkah sehingga toko kesulitan untuk mendapatkan pelanggan baru. Maka dari itu untuk meningkatkan penjualan dibuatkannya sebuah website e-commerce pada toko berkah berbasis CMS yang bertujuan untuk menambah jangkauan pemasaran yang lebih luas sehingga akan mendatangkan pelanggan yang baru. Metode yang digunakan yaitu Bussiness Model Canvas (BMC). Hasil yang didapatkan melalui penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan penjualan secara online yang bertujuan untuk memperluas perdagangan pada Toko Berkah sehingga penjualan dan pendapatannya meningkat serta dapat menghemat waktu dalam melakukan pembelian produk dikarenakan pembeli tanpa perlu pergi ke toko.

Referensi

M. Munsarif et al., Pengantar E-Commerce. Yayasan Kita Menulis, 2022.

E. D. Maulana dan B. C. Putra, “Membangun E-Commerce Berbasis Cms (Content Management System) Wordpress Pada Khasanah Hijab Collection,” J. IDEALIS, vol. 2, no. 6, hal. 377–382, 2019.

F. Ali, I. Junaedi, dan A. B. Yulianto, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Pakaian Jalsiast,”J. Widya, vol. 3, no. 1, hal. 15–31, 2022,

D. Kuswandi, Konstruksi Learning Content Management System ( L C M S ). Academia Publication, 2022.

R. R. Rerung, E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish, 2018.

M. Sitinjak Daniel Dido Jantce TJ dan J. Suwita, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kursus Bahasa Inggris Pada Intensive English Course Di Ciledug Tangerang,” Ipsikom, vol. 8, no. 1, hal. 1–19, 2020.

A. Wulandary, F. R, A. Mursalat, dan A. T. Darhyati, Business Model Canvas: Implementasi Terhadap Industri Rumahan Produk Virgin Coconut Oil (VCO). Media Sains Indonesia, 2020

A. Paramitha, “Materi 4 - activity diagram,” Mater. 4 - Act. Diagr. APSI - 2, vol. 1, no. 1, hal. 1–12, 2018,

S. Kurniawan, T. Bayu, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan My.SQL,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 1689–1699, 2020.

M. Hayaty, D. Meylasari, U. A. Yogyakarta, S. Informasi, dan U. A. Yogyakarta, “Implementasi Website Berbasis

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Nugroho, A. S., & Hin, L. L. (2022). Implementasi Website Penjualan Berbasis E- Commerce untuk Meningkatkan Penjualan pada Toko Berkah Menggunakan CMS Wordpress. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1976–1984. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/409

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>