RANCANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG PROSES PENJUALAN SPAREPART BENGKEL LARISMA MOTOR

Penulis

  • Rafif Fajari Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Agus Umar Hamdani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Dian Anubhakti Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Samsinar Samsinar Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Website, Content Management System (CMS), E-Commerce, Business Model Canvas, unified model Language (UML)

Abstrak

Toko Bengkel Larisma Motor merupakan sebuah toko yang melayani penjualannya di bidang otomotif yang berada di Jl. Ciater Raya No. 49, RT. 001/RW. 02, Kota Tangerang Selatan. Masalah dihadapi pada Bengkel Larisma Motor yaitu mengalami kesulitan dalam penjualan dan pemasaran yang masih terbatas dikarenakan pelanggan hanya menjangkau sekitar Bengkel Larisma Motor. Promosi kurang optimal dikarenakan belum memiliki media promosi, hal ini menyebabkan promosi produk tidak diketahui pelanggan. Selain itu Bengkel Larisma Motor juga mengalami kesulitan dalam melihat jumlah ketersediaan produk serta pembukuan karena pencatatan masih manual. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Metode Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa model pengembangan bisnis. Fishbone Diagram untuk menganalisa masalah pada sistem berjalan, Diagram UML untuk perancangan sistem informasi, dan Content Management System (CMS) Wordpress serta plugin Woocommerce untuk membuat website E-Commerce. Hasil dari penelitian ini berupa website E-Commerce yang dapat memperluas jangkauan pemasaran seperti pelanggan dapat melihat produk secara online, kapanpun dan dimanapun pelanggan inginkan serta membantu proses bisnis pada Toko Bengkel Larisma Motor.

Referensi

Y. Gema, A. Diana, and D. Achadiani, “Penerapan E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (Cms) Untuk Memperluas Pemasaran Produk Pada Jtbbekasi,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 49–58, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2870.

A. Fuad and S. Juanita, “Penerapan E-Commerce Menggunakan Cms Wordpress Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Online Shop Flanelis,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 511–518, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2309.

E. Wulandari and G. Gata, “Penerapan E-Commerce Untuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 545–551, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1717.

H. L. Hakim, “Analisa Dan Rancangan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Umi Collection,” IDEALIS Indones. J. Inf. …, pp. 64–71, 2020, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1050.

Ikmah and A. S. Widawati, “Penerapan Ecommerce Untuk Pemasaran Pada Usaha Handycraft,” Semin. Has. Pengabdi. Masy., vol. November, no. November, pp. 169–174, 2018.

T. Ismail, “Analisa Dan Rancangan Berbasis E-Commerce Pada Toko Surya Fashion,” IDEALIS Indones. J. …, pp. 101–105, 2019, [Online]. Available: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/687.

M. Coccia, “The Fishbone Diagram to Identify, Systematize and Analyze the Sources of General Purpose Technologies,” J. Soc. Adm. Sci., vol. 4, no. 4, pp. 291–303, 2018, [Online]. Available: https://ssrn.com/abstract=3100011Electroniccopyavailableat:https://ssrn.com/abstract=3100011Electroniccopyavailableat:https://ssrn.com/abstract=3100011.

B. A. Sutrisno and B. C. Putra, “Implementasi Cms Wordpress Pada Jogja Motor Sports Berbasis E-Commerce,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1391.

N. A. Maiyendra, “Perancangan Sistem Informasi Promosi Tour Wisata Dan Pemesanan Paket Tour Wisata Daerah Kerinci Jambi Pada Cv. Rinai Berbasis Open Source,” Jursima, vol. 7, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.47024/js.v7i1.164.

B. R. Halilintar and D. Ariyus, “Implementasi Seo (Search Engine Optimization) Pada Website Agc (Auto Generated Content) Untuk Meningkatkan Serp (Search Engine Result Page) Studi Kasus : Website Gallery,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2018, vol. 6, no. 1, pp. 1-3–13, 2018, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/2065.

A. P. Redaputri and M. Y. S. Barusman, “Strategi Pembangunan Perekonomian Provinsi Lampung,” J. Manaj. Indones., vol. 18, no. 2, p. 86, 2018, doi: 10.25124/jmi.v18i2.1340.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Fajari, R., Umar Hamdani, A., Anubhakti, D., & Samsinar, S. (2023). RANCANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG PROSES PENJUALAN SPAREPART BENGKEL LARISMA MOTOR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 871–880. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/656

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >>