Perancangan E-Commerce untuk Meningkatkan Target Penjualan pada Toko Meryza.S

Penulis

  • Muhammad Faqih Firdaus Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

website, e-commerce, CMS, UML, BMC

Abstrak

Toko Meryza.S merupakan salah satu usaha yang bergerak pada bidang fashion yang menjual berbagai macam pakaian tunik dan rajut. Manfaat e-commerce bagi usaha adalah penawaran fleksibilitas tinggi untuk konsumen. Konsumen tidak memiliki batasan waktu dan larangan untuk melihat katalog produk kapan saja. Konsumen bebas melakukan order dengan waktu 24 jam penuh setiap hari. E-commerce bisa menjadi tempat untuk menghadirkan variasi atau pilihan produk yang tidak terbatas. Pelanggan yang ingin membeli pakaian pada Toko Meryza.S harus datang langsung ke toko. Promosi yang dilakukan oleh Toko Meryza.S hanya melalui whatsapp saja, sehingga pelanggan yang mengetahui produk terbaru atau produk yang dimiliki oleh Toko Meryza.S adalah yang hanya datang ke toko. Berdasarkan masalah yang terjadi, Maka tujuan peneliti merancang sebuah website e-commerce pada toko Meryza.S untuk mempermudah pemasaran produk dan transaksi oleh pelanggan. Dalam perancangan website e-commerce Peneliti menggunakan Business Model Canvas (BMC) untuk memodelkan bisnis usulan, kemudian Unified Modeling Language (UML) untuk menganalisa dan merancang sistem berjalan maupun usulan. Website e-commerce akan dibuatkan prototipe menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress. Dengan adanya website ini diharapkan dapat mempermudah admin dapat mengetahui ketersediaan barang dengan menggunakan laporan stok, Proses pemasaran produk menjadi lebih maksimal, dapat memudahkan pelanggan dalam proses pembelian 1x24 jam, dan dengan adanya fitur cetak laporan pada sistem E-Commerce diharapkan  dapat mempermudah staff penjualan dalam melakukan pembuatan data  laporan stok, laporan pendapatan, laporan produk, laporan kupon, laporan penjualan.

Referensi

E. Puspita Sari, E. Pudjiarti, and H. Susanti, “Sistem Informasi Penjualan Pakaian Wanita Berbasis Web (E-Commerce) pada PT Bunitop Indonesia,” J. Teknol. Inf. Mura, vol. 12, no. 01, pp. 1–13, 2020.

Sulistiyono, S. Dwiyatno, R. Fatullah, and A. Ramadhan, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Busana Wanita Berbasis Web Pada Toko Ninetynine,” J. Ilm. Sains dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 87–95, 2020, doi: 10.47080/saintek.v4i2.928.

A. Alfianti and M. Rahmayu, “Sistem Informasi Penjualan Pakaian Wanita Berbasis0 Web Pada PT. Karunia Anugrah Lestari (L’MORE) Jakarta Barat,” Inti Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 133–138, 2018.

F. A. Kurniawan, “Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Perancangan Strategi Bisnis Baru (Studi Pada UMKM UD. Gading Mas Pasuruan),” Yudharta, vol. 4, no. 2, pp. 123–131, 2017.

M. Syarif, E. B. Pratama, U. Bina, S. Informatika, and K. Barat, “Testing dan Pemodelan Diagram Uml Pada Aplikasi Veterinary Services Yang Dikembangkan Dengan Model Waterfakk,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 5, no. 2, pp. 253–258, 2021.

H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurnia, and D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 4, pp. 13–23, 2021, doi: 10.35969/interkom.v14i4.78.

F. Hidayah, “Penggunaan Business Model Canvas sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Berwirausaha,” J. Al-Tatwir, vol. 8, no. 1, pp. 39–54, 2021, doi: 10.35719/altatwir.v8i1.33.

S. P. Suryanto, T. J. Pattiasina, and A. Soetarmono, “Perancangan dan Pengembangan Toko Online dengan Metode Interaction Flow Modeling Language (Studi Kasus Toko Winata),” Teknika, vol. 6, no. 1, pp. 7–18, 2017, doi: 10.34148/teknika.v6i1.60.

A. Rifiandika Putri, A. Hafizhah, F. H. Rahmah, R. Muslikhah, and S. Nabila, “Pemodelan Diagram UML Pada Perancangan Sistem Aplikasi Konsultasi Hewan Peliharaan Berbasis Android,” vol. XII, no. 2, pp. 130–139, 2021.

M. Prakarsa, “Implementasi Sistem InformasiEnterprisePendaftaran dan Registrasi Siswadi Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Kabupaten Bandung,” J. Account. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, p. 8, 2021.

N. B. Wibowo and D. Anubhakti, “Sistem Informasi Penunjang Keputusan Penentuan Guru Terbaik Pada Sekolah Smp Islam Al Hikmah Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 486–491, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2152.

Y. Anggraini, D. Pasha, and A. Damayanti Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter ( Studi Kasus : Orbit Station ),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 64–70, 2020.

D. F. Ariefni and M. B. Legowo, “Penerapan Konsep Monitoring dan Evaluasi Dalam Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa Di Perbanas Institute Jakarta,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 422–432, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Firdaus, M. F., & Ariesta, A. (2022). Perancangan E-Commerce untuk Meningkatkan Target Penjualan pada Toko Meryza.S. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 2011–2019. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/392

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.